Home / Informasi / Dokumen kependudukan, penting gak si….

Dokumen kependudukan, penting gak si….

Selama ini dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, ktp, kk masih dipandang sebagai dokumen yang penting tapi tidak penting.  Penting saat dibutuhkan dan tidak penting karena dokumen dokumen ini hanya dibutuhkan pada saat saat tertentu saja.  Bagi sebagian masyarakat, khususnya Desa Sidanegara, keengganan untuk mengurus dokumen tersebut adalah karena ribet nya proses pembuatan dokumen tersebut.  Perangkat desa biasanya menjadi jalan terakhir warga ( bodo bodoa pak kadus, pak kaur, pak/bu kades ) saat membutuhkan dokumen dokumen tersebut untuk kepentingan tertentu yang sifatnya mendesak.

Terus sebenarnya apa sih pentingnya dokumen kependudukan ini?

Menurut Bpk. Suranto dari Disdukcapil Kabupaten Purbalingga, kepemilikan dokumen kependudukan ini tentu saja tidak hanya penting bagi penduduk yang bersangkutan, tetapi juga penting bagi pemerintah kita. Kepemilikan dokumen ini selain mempunyai kekuatan legal, juga dapat digunakan untuk memperoleh pelayanan sosial dasar yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara bagi pemerintah, kepemilikan dokumen kependudukan bermanfaat dalam melakukan kegiatan pengadministrasian penduduk berdasarkan hak legalnya, serta memperkuat database penduduk dan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan pada saat acara Sosialisasi tentang Pentingnya dokumen kependudukan pada tanggal 8 Mei 2015 di Desa Sidanegara.

Bapak Suranto juga membagikan blangko blangko yang diperlukan untuk permohonan penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan lain sebagainya.  Dari sosialisasi tersebut diharapkan para peserta sosialisai dapat mengedukasi warga di sekitarnya untuk memahami betapa pentingnya dokumen dokumen kependudukan tersebut dan diharapkan warga segera mengajukan permohonan penerbitan dokumen kependudukan yang di butuhkan.

capil1 capil2 capil3 capil

About admindesa

hanya seorang gamer,..... tidak lebih dari itu. :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *