Posyandu Lansia, menyehatkan para manula……….

WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.51Lansia merupakan seorang dewasa sehat yang mengalami proses perubahan menjadi menjadi seorang yang lemah dan renta yang diakibatkan karena berkurangnya sebagian besar cadangan sistem fisiologis dan meningkatnya kerentanan terhadap berbagai penyakit dan kematian.

Pelayanan pada Posyandu Lansia adalah merupakan salah satu kegiatan yang digalakkan untuk mewujudkan Lansia sejahtera, bahagia dan berdayaguna bagi kehidupan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Hal ini merupakan suatu upaya menghadapi peningkatan status dan derajat kesehatan rakyat indonesia yang memberikan dampak pada peningkatan Usia harapan Hidup.

Berikut informasi informasi yang admin dapatkan setelah berbincang bincang dengan Bidan Desa Sidanegara, Ibu. Ety Wijayanty, Amd.Keb selaku penanggung jawab  kegiatan tersebut.

LATAR BELAKANG.

Menurut sensus tahun 2010, jumlah  Lansia : 18,1 juta jiwa. Usia harapan hidup meningkat dari 68,6 tahun (2004) menjadi 69,8 tahun di tahun 2010 menurut BPJS. Tahun 2014 berdasarkan data Susenas jumlah lansia mencapai 20,24 juta  jiwa (8,03% dari total penduduk. Indonesia termasuk 5 besar dengan jumlah lansia terbanyak di dunia. Lansia dengan kondisi sehat tak sampai 2% dari total populasi Lansia. Kebanyakan Lansia menderita penyakit sendi, hipertensi, katarak, strooke, jantung, gangguan mental emosional dan diabetes mellitus.

TUJUAN KEGIATAN POSYANDU LANSIA.

  1. Tujuan Umum.

Meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdayaguna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

  1. Tujuan Khusus.
  • Meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk menjaga sendiri kesehatannya.
  • Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan pada usia lanjut.
  • Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN.

  1. Pengajuan usulan kegiatan melalui lokmin yang ditetapkan dalam RUK dan ditindaklanjuti dengan penyusunan jadual dalam POA.
  2. Sosialisasi kepada petugas yang terkait dengan kegiatan Posyandu lansia yaitu para bidan desa, tenaga pendamping di desa, para kader dan para lansia yang ada di wilayah Puskesmas Kaligondang.
  3. Pelaksanaan kegiatan Posyandu Lansia disesuaikan POA yang ada dan situasi serta kondisi yang ada di lokasi Posyandu lansia.

CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN.

  1. Minimal sehari sebelum pelaksanaan kegiatan Posyandu Lansia, kader mengumumkannya lewat pertemuan PKK, pengajian atau tersendiri lewat pengeras suara yang ada di mushola atau masjid.
  2. Pelaksanaan kegiatan di posyandu Lansia :
  3. Pendaftaran
  4. Penimbangan dan pengukuran tinggi badan
  5. Pemeriksaan kesehatan.
  6. Konseling dan atau pemberian multivitamin/pengobatan sederhana.
  7. Kultum / siraman rohani
  8. Penyuluhan kesehatan.
  9. Senam bersama.

SASARAN.

Sasaran utama pada kegiatan Posyandu Lansia adalah masyarakat laki-laki dan perempuan yang berumur  lebih dari 60 tahun.

JADUAL PELAKSANAAN KEGIATAN

JadwalkegiatanpelayananposyandulansiadesaSidanegaraadalahsebagaiberikut :

Hari / Tanggal           :Sabtu,
Pukul                         : 09.00 WIB s.d selesai
Lokasi kegiatan        : Balai Desa Sidanegara

 

EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN

Kegiatan Posyandu Lansia bisa dievaluasi dari buku catatan yang ada di masing-masing Posyandu Lansia yang ada di wilayah Puskesmas Kaligondang. Jumlah Lansia yang datang, hasil penimbangan dan pemeriksaan kesehatan yang tertulis bisa menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui pelaksanaan Posyandu Lansia sudah baik atau belum.

 

PENCATATAN , PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN.

Pencatatan yang dilakukan di Posyandu Lansia meliputi daftar kehadiran para Lansia yang berkunjung, hasil penimbangan dan hasil pemeriksaan kesehatan serta obat / multivitamin yang diberikan. Selain catatan yang ada di Posyandu lansia, para Lansia yang berkunjung juga dIberi KMS Lansia yang berguna untuk memantau per individu hasil pemeriksaan kesehatannya di setiap kali kunjungan ke Posyandu Lansia.

Hasil pelayanan di Posyandu Lansia tersebut selanjutnya dilaporkan sebulan sekali ke Puskesmas melalui Bidan Koordinator Lansia. Di Puskesmas Kaligondang laporan hasil kegiatan di Posyandu lansia di masing-masing desa di wilayah Puskesmas Kaligondang selanjutnya direkap untuk selanjutnya dicatat dan dilaporkan ke DKK Purbalingga. Rekapan hasil pelayanan itu bisa dijadikan pedoman untuk mengevaluasi kegiatan Pelayanan Posyandu lansia di wilayah Puskesmas Kaligondang.

Narasumber : Ety Wijayanty, Amd.Keb ( Bidan Desa Sidanegara )


 

Dokumentasi Kegiatan Posyandu Lansia

WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.50 WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.49

WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.47 WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.45 WhatsApp Image 2018-05-06 at 09.42.42

 

 

 

admindesa

hanya seorang gamer,..... tidak lebih dari itu. :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *